Pemkot Tasik dan Kodim Tandatangani MoU dengan PCNU Kota Tasikmalaya

NU Tasik Online – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tasikmalaya telah menggelar rapat pleno penetapan Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) tahun 2021 bertempat Gedung NU Kota Tasikmalaya, Jl. Dr. Sukardjo, Tawangsari, Kec. Tawang pada Rabu (16/02/2021).

MUKERCAB ini adalah salah satu forum untuk menyusun program kerja dan hasil penjabaran konfercab, yang diatur di Anggaran Dasar bab IX pasal 23 dan Anggaran Rumah Tangga bab XXI pasal 80. Dengan mengusung tema ‘’ Implementasi Visi-Misi Melalui Kemandirian Organisasi Dan Jejaring Kerja Lembaga’’.

Mukercab ini diawali dengan Tawasul dan Khutbah Iftitah yang di pimpin langsung oleh Rois syuriah PC NU Kota Tasikmalaya, KH. Aban Bunyamin serta di buka secara resmi oleh Plt Walikota Tasikmalaya Drs. Muhammad Yusuf.

Ketua Pelaksana MUKERCAB, Drs.Darul Qutni mengatakan kegiatan ini menindak lanjuti hasil dari pra mukercab yang telah di laksanakan pada tanggal 11 Februari di City Hotel kemarin.

“Sebenarnya kegiatan hari ini bisa meriah dan lebih banyak lagi yang hadir, tetapi dengan kondisi saat ini berkenaan dengan covid19 hanya beberapa saja yang hadir serta sudah melalui tahapan protokol kesehatan yang sesuai.”, katanya kepada NU Tasik Online.

Sementara itu Wakil Ketua PC NU, KH. Aceng Mubarok M.Pd berpesan bahwa kesepahaman yang kita buat hari ini adalah rasa tanggung jawab bersama di mata allah SWT, bangsa dan Negara serta khususnya di Kota Tasikmalaya. “Kita tidak akan membebankan maju atau mundurnya Kota Tasikmalaya ini kepada Walikota atau DPRD saja, akan tapi ini menjadi tanggung jawab bersama, NU tidak hanya membantu saja, melainkan NU lah yang memiliki bangsa ini”, ujarnya.

Aceng menjelaskan awal berdirinya Nahdlatul Ulama para muasis terdahulu membagi kedalam tiga kelompok.

“Perta Tashwirul Afkar semangat pemikiran keilmuan dan keagamaan. Kedua Nahdlatul Wathon, sebagai semangat nasionalisme dan politik. dan ketiga Nahdlatut Tujjar, sebagai semangat pemberdayaan ekonomi. Maka sudah jelas NU ini bagian penting dari bangsa ini tanpa adanya NU mau di bawa kemana Bangsa ini”, lanjutnya.

Baca Juga : Muskercab NU Kota Tasik Dorong Kemandirian Organisasi

Plt Walikota Tasikmalaya Drs.H Muhammad Yusuf, dalam sambutanya berterima kasih kepada NU serta mengapresiasi semua kegiatan yang di laksanakan oleh NU yang terus berikhtiar memajukan dan mengembangkan organisasi dalam menghadapi perkembangan zaman untuk kemakmuran serta kesejahteraan masyarakat, khususnya di kota Tasikmalaya.

 Ia berharap forum MUSKERCAB NU bisa menghasilkan terobosan-terobosan hebat untuk warga Kota Tasikmalaya.

“Sebagai Kota Santri sudah seharusnya Umaro dan Ulama bekerja bersama-sama. Semoga dengan semakin terjalinnya kebersamaan antara NU dan Pemerintah Daerah akan mampu memberikan kontribusi nyata bagi warga Kota Tasikmalaya.” katanya.

Ia juga mengapresiasi terobosan program baik yang datang dari PBNU atau di inisiasi oleh PCNU Kota Tasikmalaya, salah satunya dengan membentuk warung Digital NU.

Baca Juga : Plt Walikota : Warung Digital NU Diharapkan Mampu Pulihkan Ekonomi Di Tasik

“Beberapa waktu yang lalu PBNU memberikan program Warung Digital NU untuk dikembangkan di Kota Tasikmalaya, Sekarang sudah ada satu percontohan di Jl. Ir H Juanda Tasikmalaya, semoga kedepan bisa terus di kembangkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, NU dan Pemerintah Kota Tasikmalaya membangun kesepahaman dalam pemulihan ekonomi nasional serta implementasi Peraturan Daerah (Perda) Tata Nilai di Kota Tasikmalaya. Dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kodim 0612 Tasikmalaya untuk melawan radikalisme, intoleransi dan terorisme di Tasikmalaya.

Sebelumnya, NU juga membangun kesepahaman dengan Polresta Tasikmalaya  untuk memperkuat moderasi islam dan melawan berbagai bentuk intoleransi dan kekerasan atas nama agama. Dalam kesempatan itu hari Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan, SH., S.IK, M.Si. , DPRD Kota Tasikmalaya, dan jajaran Pengurus Cabang serta MWC NU Se-Kota Tasikmalaya.

(Bari R Amrulloh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *