Awas, Hoax Daftar Kartu Prakerja, Dapat 600 Ribu Perbulan

Tasikmalaya, NU Tasik Online – Beredar sebuah narasi bahwa pemerintah akan memberikan bantuan Rp600 ribu setiap bulan terkait program kartu prakerja. Narasi ini beredar melalui pesan di grupWhatsApp.

Dalam narasi itu disebutkan bantuan tersebut untuk para pencari kerja, pihak yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Para pihak itu diminta untuk mendaftarkan diri melalui situs https://prakerja.vip. Jika telah mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang tersedia di situs itu, maka bantuan akan dikirimkan melalui rekening bank.

Berikut narasi selengkapnya: Daftar Prakerja Sekarang
Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja
Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya
yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.
Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan
Langkah untuk mendaftar Prakerja

  • Kunjungi situs https://prakerja.vip
  • Isi formulir data diri
  • Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp
  • Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://prakerja.vip

[Cek Fakta] Daftar di Situs Ini Dapat Bantuan Kartu Prakerja Rp600 Ribu Setiap Bulan? Simak Faktanya

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa pemerintah akan memberikan bantuan Rp600 ribu terkait program kartu prakerja melalui situs https://prakerja.vip, adalah salah. Faktanya, situs tersebut palsu.

Dilansir situs cek fakta Turnbackhoax.id, disebutkan bahwa situs prakerja.vip tidak ada kaitannya dengan program kartu prakerja. Situs prakerja.vip adalah PALSU.

“Situs resmi Program Kartu Prakerja hanya dapat diakses di prakerja.go.id,” tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya, Sabtu 10 Oktober 2020.

Warganet diminta waspada terhadap pesan berisi link atau situs tertentu. Pasalnya upaya phising atau peretasan dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.

“Situs yang sedang viral tersebut terindikasi phising atau peretasan data pribadi melalui pihak tak bertanggungjawab,” tulis Turnbackhoax.id.

Kesimpulan:
Klaim bahwa pemerintah akan memberikan bantuan Rp600 ribu terkait program kartu prakerja melalui situs https://prakerja.vip, adalah salah. Faktanya, situs tersebut palsu.

Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

Referensi:

[SALAH] “Langkah untuk mendaftar Prakerja, Kunjungi situs prakerja[dot]vip”


https://www.prakerja.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *