KOPRI Gelar Talkshow : Catatan dan Agenda Penting Usai Pilkada

NU Tasik Online – Kota Tasikmalaya, Korp PMII Puteri (KOPRI) PC PMII Kota Tasikmalaya menyelenggarakan Talkshow bersama BAWASLU & KPU Kota Tasikmalaya, di Kantor PCNU Kota Tasikmalaya, Rabu(23/12/2020).

Acara yang mengusung tema Refleksi Pasca Pemilu Untuk Menyongsong Pilkada Kota Tasikmalaya yang lebih baik itu dihadiri oleh seluruh Ketua Komisariat dan kader PMII se Kota Tasikmalaya.

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pilkada di Kabupaten Tasikmalaya yang memang membutuhkan peran Mahasiswa.

“Walaupun Kota Tasikmalaya tidak ikut andil dalam pilkada Kabupaten Tasikmalaya tapi setidaknya gejolak politik dirasakan oleh warga kota Tasikmalaya, khususnya mahasiswa”, ungkap Ketua KOPRI, Novia Nurzakiah kepada NU Tasik Online.

Acara ini bertujuan untuk refleksi Pasca pilkada kemarin agar lebih baik untuk Kota Tasikmalaya di masa yang akan datang.

“Bukan itu saja tetapi umumnya untuk seluruh mahasiswa Kader PMII kota Tasikmalaya yang notabenenya dari berbagai daerah agar lebih faham dalam pelaksanaan pemilu.” Katanya.

Novia berharap sebagai mahasiswa harus memiliki kapasitas intelektual yang lebih di bandingkan masyarakat awam.

Sementara itu, Ketua PC PMII Kota Tasikmalaya, Pipin Hidayat mengatakan sebagai mahasiswa yang cinta tanah Air, maka mahasiswa harus peduli terhadap perkembangan demokrasi di Indonesia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan dialog interaktif oleh komisioner Bawaslu dan KPU Kota Tasikmalaya dengan hangat.

Komisioner KPU, Undang G Permana mengatakan Demokrasi akan berkualitas jika Pemilunya Berkualitas.

“Untuk mewujudkan semua itu, maka semua pihak harus berperan aktif untuk menciptakan Pemilu yang jujur dan terpercaya berdasarkan prinsip prinsip kepemiluan”, katanya.

Menurut Undang, harapan itu bisa diwujudkan dengan sumbangsih dari semua komponen bangsa.

“Jadi tidak hanya mengandalkan penyelenggaraan atau peserta itu sendiri. Masyarakat yang terdidik akan mampu menjadi aktor perubahan, dan kaum muda harus menjadi motor penggeraknya”, lanjutnya.

Sementara itu Komisioner BAWASLU Kota Tasikmalaya, Enceng Fuad Syukron mengatakan Peningkatan pengetahuan dan kapasitas tentang kepemiluan menjadi sebuah keharusan bagi Aktivis Mahasiswa.

“Dengan kegiatan seperti talkshow ini yang di selenggarakan oleh Sahabat sahabat PC.PMII/KOPRI Kota Tasikmalaya, kami sangat mengapresiasi sekali dan kami akan selalu menunggu pada kegiatan berikut nya”, katanya

Enceng melanjutkan partisipan pada pengawasan pemilu adalah semua elemen masyarakat.

“Tentunya, PMII sebagai lembaga pemantau sudah seharusnya melakukan itu guna menegakkan keadilan pemilu”, pungkasnya.

Kontributor : Bari Rosdi Amrulloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *