Ngaji Public Speaking, Upaya Mengembangkan Potensi Kader Fatayat NU Kota Tasikmalaya

Tasikmalaya, NU Tasik Online – Guna menunjang kemampuan kader dalam hal berbicara di depan umum, Bidang Pengembangan Organisasi Fatayat NU Kota Tasikmalaya adakan Ngaji Public Speaking. Kegiatan ini diadakan di Aula SMPN 10 Tasikmalaya, Jl. RAA. Wiratanuningrat No 12 (16/2)

Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan kader dan anggota dari berbagai ranting dan anak cabang Se-Kota Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Ketua PC Fatayat NU Kota Tasikmalaya Hj. Affi Endah Navilah, M.Pd mengatakan bahwa “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan skill kader ketika harus dituntut untuk berbicara di depan umum. hal ini juga sangat penting untuk para pendakwah, guru, dsb. Yang sebagian besar merupakan latarbelakang kader” tuturnya.

Ratusan Kader Fatayat NU Kota Tasikmalaya pada Kegiatan Ngaji Public Speaking

Pada pelatihan ini anggota dan kader diberi dua materi, yakni materi proses berbicara di depan umum dan 3 hal penting dalam komunikasi yang disampaikan oleh Hj. Hirni Kifa Hazefa, M.I.Kom, CEC. yang merupakan Ketua PW Fatayat NU Jawa Barat serta Founder BisaBicara.co.id

Hj. Hirni menjelaskan bahwa proses berbicara di depan umum itu meliputi tiga unsur yaitu Pembicara, Media, dan Audiens. Demografi audiens disini menjadi sangat penting, bagaimana kita mengetahui siapa audiens, bagaimana latarbelakang audiens, usia audiens, dsb. “Oleh karena itu, mengapa saya tadi sebelum pembahasan materi meminta sahabat-sahabat untuk bercerita terlebih dahulu, itu untuk berusaha memahami dan mengetahui apa yang ingin sahabat-sahabat dapatkan disini” tutur Hj. Hirni.

Selain demografi audiens ada tiga hal penting dalam komunikasi, atau menurut Albert Mehrabian ada 3 V’s of Communication. 3 V’s tersebut meliputi Verbal, Voice, dan Visual. “Verbal disini yakni tentang, what we say, the words, Idea, and material. Yang kedua Voice, yakni Vokal, intonasi suara. Dan yang terakhir adalah Visual, yang meliputi Body Language, Eye Contact, and Expression.”

Lanjut Hj. Hirni mengatakan bahwa hal penting yang dilakukan ketika berbicara di hadapan banyak orang perlu menggunakan intonasi atau yang disebut “Voice” tadi dalam 3 V’s , sehingga membuat pendengar menjadi lebih mudah menangkap maksud dan tujuan pembicaraan. “kunci sukses public speaking adalah latihan dan persiapan, sehingga kita memiliki pengalaman untuk terus berkembang,” tutupnya. (Sisca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *