PMII STHG Tasikmalaya Cetak Kader Mu’taqid Melalui MAPABA

Tasikmalaya , NU Tasik Online – PK PMII STHG Tasikmalaya menggelar kegiatan Masa penerimaan anggota baru (Mapaba), Sabtu (10/10/2020).

MAPABA adalah sebuah proses kaderisasi formal pertama kepada mahasiswa sebagai langkah awal untuk masuk menjadi anggota PMII.

Kegiatan Mapaba itu dilaksanakan di Gedung PCNU Kota Tasikmalaya, Jl. Dr. Sukardjo, No 47 Tawangsari, Kec. Tawang, Tasikmalaya,

Dengan mengusung tema menanamkan ideologi ASWAJA sebagai landasan organisasi agar terbentuknya anggota yang berintegritas, kritis, dan progresif, kegiatan itu berlangsung lancar pembaiatan dan dipimpin langsung oleh Ketua PC PMII Kota Tasikmalaya.

Dalam kegiatan itu setidaknya diikuti oleh puluhan mahasiswa baru yang berasal dari kampus STHG dan Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya.

Menurut Ketua Pelaksana MAPABA, Hari Nugraha mengatakan bahwa Mapaba merupakan agenda rutin dilakukan sebagai bentuk kaderisasi pengurus PMII Komisariat STHG dan kegiatan itu juga dilakukan agar terbentuknya anggota yang berintegritas, kritis, dan progresif

“Mahasiswa adalah agen perubahan yang diharapkan mampu melakukan inovasi dan kreativitas dalam melakukan perubahan yang positif”, katanya kepada NU Tasik Online.

Perubahan tersebut lanjut Hari, dapat diraih apabila mahasiswa mempunyai wadah untuk menyalurkan potensi diri, minat bakat dan sebagainya. Wadah itu salah satunya adalah PMII.

“Maka sangat penting bagi mahasiswa untuk dapat berorganisasi di luar kampus. Selain untuk belajar, menggali potensi diri, menambah ilmu pengetahuan dan wawasan hal ini juga dapat memperluas jaringan dan sahabat,” kata dia.

Senada dengan Hari, Ketua PK PMII STHG Tasikmalaya, Aditya Faisal Anwar, juga menyampaikan bahwa setelah mengikuti MAPABA, anggota baru diharapkan memiliki keyakinan bahwa PMII adalah organisasi kemahasiswaan yang paling tepat untuk pengembangan dirinya.

“Kami berharap bahwa setelah mengikuti MAPABA, anggota baru bisa menjadi anggota yang berkualitas mu’taqid, yakni anggota yang memiliki keyakinan bahwa PMII adalah organisasi kemahasiswaan yang paling tepat untuk pengembangan dirinya dan memperjuangkan idealisme.” tutur Aditya.

Sementara itu, Ketua Umum PC PMII Kota Tasikmalaya, Pipin Hidayat menyatakan Pembaiatan adalah prosesi penting yang wajib dilalui oleh setiap anggota baru PMII.

“Setelah selesai mengikuti rangkaian kegiatan MAPABA, semua calon anggota baru harus dibaiat sebagai pengikraran dirinya siap menjadi anggota PMII dan senantiasa patuh dan taat kepada pimpinan organisasi. Dengan dibaiat, peserta MAPABA dinyatakan sah menjadi anggota PMII.” pungkasnya.

Kontributor : Barirosdi Amrulloh

Editor : Sisca Sukmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *