Profil Singkat Cak Umin, Ketua Terpilih PMII Kota Tasikmalaya 2021

Tasikmalaya, NU Tasik Online – Muhaemin Abdul Basit terpilih menjadi Ketua PC PMII Kota Tasikmalaya, masa khidmat 2021-2022 melalui sidang Konferensi Cabang (KONFERCAB) yang digelar pada hari minggu (04/07/2021). Pemuda berusia 25 tahun yang berasal dari Desa Parungpoteng ini merupakan kader terbaik dari PMII Komisariat Universitas Siliwangi.

Selama kuliah pria yang dikenal dengan panggilan Cak Umin ini juga aktif di beberapa organisasi internal seperti BEM Fakultas Pertanian (FAPERTA) divisi organisasi (2017) dan Koordinator Kaderisasi (2018). Ia juga merupakan inisiator Pelita dan aktif sebagai penggiat literasi.

Cak Umin memulai prosesnya di PMII sejak tahun 2015 yang diawali dengan mengikuti Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) di tingkat Komisariat Universitas Siliwangi. Potensi yang dimiliki Cak Umin dalam berorganisasi ternyata telah dilihat oleh para senior PMII Universitas Siliwangi. Sehingga Ia mampu melanjutkan jenjang kaderisasi PMII yang lebih tinggi seperti Pelatihan Kader Dasar (PKD) di STAIM Garut dan Pelatihan Kader Lanjut (PKL) di PMII Cianjur.

Dalam perjalanan organisasinya, Cak Umin merupakan kader visioner yang konsisten mengawal kaderisasi anggota PMII Universitas Siliwangi dibuktikan pada tahun 2018, Ia menduduki Ketua Kaderisasi di Komisariat Universitas Siliwangi dan di tahun 2019, ia maju untuk menduduki posisi ketua komisariat. Selama menjabat sebagai Ketua Komisariat, Cak Umin telah berhasil membentuk empat rayon yang terdiri dari Rayon FAI, Rayon FKIP, Rayon FAPERTA dan Rayon FISIP.

Tidak hanya itu saja, pasca berproses di PMII Komisariat Universitas Siliwangi, pada tahun 2020 Cak Umin juga dipercaya sebagai pengurus cabang PMII Kota Tasikmalaya sebagai Wakil Ketua 1 Kaderisasi. Selama menjabat, Cak Umin telah berhasil menciptakan PPKI (Panitia Perumus Kaderisasi PMII) di Kota Tasikmalaya.

Di sisi lain, Cak Umin melakukan gerakan yang berfokus pada cara pandang dan paradigma yang dibuat PMII dan berdampak pada kader-kader Kota Tasikmalaya agar ketika menghadapi berbagai persoalan, kader PMII mampu menyelesaikan peroslan dengan komprehensif. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar anggota dan kader PMII Kota Tasikmalaya dapat bertransformasi, lebih adaptif dalam menghadapi perkembangan zaman, dan lebih kreatif dalam menciptakan karya.

Setelah terpilih menjadi Ketua PC PMII Kota Tasikmalaya, Cak Umin berharap PMII kedepan mampu memiliki karakter dan entitas gerakan, karena gerakan mahasiswa saat ini merupakan progres terbaik untuk mengawal kebijakan yang dapat dilakukan dengan output berbeda dibandingkan dengan masyarakat.

PMII saat ini harus bergerak adaptif sehingga memerlukan formulasi khusus dalam pergerakannya, baik dalam gerakan intelektual, aksi jalanan, penguatan media dan mengentaskan berbagai persoalan sosial. Artinya bukan hanya sebatas gagasan, tapi kader PMII harus mampu mengimplementasikannya sesuai dengan Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII.

Kader PMII harus mampu menjadi motor penggerak baik di dunia nyata, dunia digital, teknologi, dan media-media lainnya sebagai alat untuk mengedukasi, menciptakan wacana bahkan mampu menggiring opini agar tidak terhegemoni.

Kontributor : Elga Yulia Delvira

Editor : Bari R Amrulloh

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *