Webinar Cyber Society PMII STMIK Tasikmalaya

Tasikmalaya, NU Online – Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tasikmalaya menyelenggarakan webinar Cyber Society dengan mneegusung tema Bahaya Kejahatan Siber dan Peran Multipihak dalam Melawan Berita Hoaks, jumat, (23/04)

Kegiatan ini di lakukan secara daring sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid19 yang membatasi ruang sosial. Selain itu pemanfaatan media digital di era 4.0 mengharuskan setiap bidang memanfaatkan teknologi informasi.

Narasumber yang diundang dalam kegiatan webinar ini adalah Kepala Diskominfo Kota Tasikmalaya, Ketua STMIK Tasikmlaya, Satreskrim Plres Tasikmalaya Kota dan Ketua DPC Perhimpunan Advokat (PERADI) Tasikmalaya.

Ketua PK PMII STMIK, Bari Rosdi Amrulloh mengatakan, di zaman modern berbagai informasi dapat mudah diakses, kondisi tersebut dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi demi kepentingan tertentu.

Bari juga mengatakan pihaknya akan ikut berperan dalam pencegahan penyebaran hoaks di dunia digital saat ini, termasuk Hoaks di masa pandemi covid-19.

“Ada ribuan berita Hoaks baik terkait agama, bencana alam, isu hukum, pendidikan bahkan hoaks tentang bantuan pemerintah di masa pandemi covid-19 yang setiap harinya membodohi publik, kegiatan ini salah satu upaya mewujudkan Tasikmalaya sebagai Smart City sebagaimana. Dimana untuk menjadi Kota yang cerdas, masyarakatnya pun harus cerdas dalam memilah dan memilih informasi” ujarnya.

Dosen STMIK Tasikmalaya, Dani Rohpandi, S.Kom M.Kom menanggapi kegiatan yang di selenggarakan PK PMII STMIK Tasikmalaya, Anggota PMII STMIK Tasikmalaya dapat membuktikan prestasinya yang baik serta aktif dalam kegiatan-kegiatan yang menghasilkan manfaat bagi orang banyak untuk menambah wawasan keilmuan dan pengalaman yang berharga untuk bekal hidupnya.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat tentunya pihak kampus sangat mendukung dan mengapresiasinya”, ungkapnya.

Sementara itu, Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Ridwan Budiarta. SH mengapresiasi kegiatan PMII yang STMIK Tasikmalaya mulai mengadaptasi kebiasaan baru dengan memanfaatkan Teknologi dan Informasi.

“Walaupun situasi masa pandemi seolah membatasi ruang gerak sosial masyarakat, tetapi para kader PMII ini tetap bisa eksis untuk kegiatan-kegiatan  positif. Tetap semangat dan teruslah menjadi generasi muda yang kritis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan segala kreasi dan inovasi yang dapat mengedukasi masyarakat, khususnya di Kota Tasikmalaya”, pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *